Wednesday 19 March 2014

Foxygen - We Are the 21st Century Ambassadors of Peace & Magic



We Are the 21st Century Ambassadors of Peace & Magic adalah album penuh ketiga dari band indie rock asal California, Foxygen.

Ketika band dengan suara 'retro' sudah cukup banyak belakangan ini, Foxygen dapat kita masukkan kedalam daftar mereka yang melakukannya dengan benar (Cults, Tame Impala), menunjukkan bubuhan unik mereka, dengan suara-suara raw dari The Velvet Underground, The Band, dan inspirasi lainnya.

"…Peace & Magic" seloroh duo pembuat musik yang vulgar, jenius, bodoh, dengan eksperimen liar dan penuh keanehan yang orisinil tersebut. Jika itu terdengar seperti racauan saya yang sulit dimengerti, itu karena Foxygen melihat sesuatu dengan cara yang berbeda dari band lainnya. Setiap lagu disini, album penuh pertama mereka setelah EP 2011 ‘Take The Kids Off Broadway’, menggabungkan hingga lima lagu dalam satu dan menalikannya dengan lirik yang tampaknya diambil dari pikiran sesat seorang edan yang sedang menghisap ganja.

Ini seharusnya menjadi sebuah kekacauan namun, entah mengapa tidak. Atau jika memang ya, ini merupakan kekacauan yang sangat menyenangkan.

We Are the 21st Century Ambassadors of Peace & Magic dengan keras kepala menolak untuk diarahkan kedalam genre tunggal; tapi dalam rilisan ini, setidaknya mereka berpegang pada satu era musik. Foxygen memasuki ranah musik radio AM hippie rock ("In the Darkness," "No Destruction," "San Francisco"), Motown, Soul, acid rock ("On Blue Mountain," "We Are the 21st Century Ambassadors of Peace & Magic"), hingga gaya french-pop lama ("Oh Yeah"). Berkat produksi cemerlang Richard Swift, yang memberikan rasa vinyl kontemporer yang familiar, Ambassadors terasa seperti seseorang yang memutar radio dial antara beberapa rock klasik dan stasiun radio oldies. Band ini menangkap tiap-tiap gaya retro secara detail, dan berhasil menyalurkannya kedalam satu visi yang secara keseluruhan adalah Foxygen. Tentu itu bisa jadi sulit, namun mereka tahu bahwa usahanya pasti membuahkan imbalan yang lebih dari setimpal.

Track List
"In the Darkness"
"No Destruction"
"On Blue Mountain"
"San Francisco"
"Bowling Trophies"
"Shuggie"
"Oh Yeah"
"We Are the 21st Century Ambassadors of Peace & Magic"
"Oh No 2"

No comments:

Post a Comment