Wednesday 19 June 2013

Pink Floyd - The Piper at The Gate of Dawn

Beruntung sekali hari ini dapat album Pink Floyd, debut pula. Oke, Bootleg tapi tak apalah.



Judul Album : The Piper at the Gates of Dawn
Artis : Pink Floyd
Tahun Produksi :1967
Label: EMI Columbia

Yap, album debut dari band legendaris Pink Floyd. Saat dulu pertama mendengarkan via itunes, agak mencengangkan betapa Pink Floyd telah berubah. Mencengankan karena band yang sama, dengan perubahan satu anggota band, mengeluarkan album macam ini dan 6 tahun kemudian merilis Dark Side of the Moon. 

piper diproduksi di Abbey Road disaat yang bersamaan dengan album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band dan hasilnya tidak mungkin lebih aneh antar satu dan lainnya. Dimana The Beatles menggunakan kendali penuh atas studio sementara Pink Floyd menggunakannya untuk kehilangan kendali. Ditambah kondisi sang penulis utama dan visioner Pink Floyd, Syd Barrett, diambang batas kehilangan kendali secara permanen. Kurang dari setahun setelah rilisnya Piper, pada 1967, Barrett telah keluar dari Pink Floyd. Sebuah tragedi yang tragis dan paling menonjol di era psychedelic.

Pada masanya, piper merupakan album psychedelic paling terkenal dan bagian dari pionir genre tersebut. Lewat lagu Arnold Layne, Pink Floyd menggambarkan seorang pencuri pakaian dalam yang suka beraksi di bawah sinar bulan. Kala itu dan, saya rasa hingga sekarang, tema seperti ini cukup aneh. Ada Astronomy Domine, Lucifer Sam, Bike. Jadi tak perlu LSD, anda dengarkan album ini niscaya terbawa khayalan entah kemana.

edit: Benar bootleg karena setelah cek songlist di wiki ternyata resminya tidak ada Arnold Layne. Dari berbagai sumber yang saya baca awalnya single debut mereka ini memang direncanakan untuk masuk. Namun karena tema yang kontroversial membuat stasiun radio Inggris enggan memuatnya sehingga akhirnya tidak jadi dimasukkan.

Tracklist

Astronomy Domine
Lucifer Sam
Mathilda Mother
Flaming
Pow R. Toc H.
Take Up Thy Stethoscope and Walk
Interstellar Overdrive
The Gnome 
Chapter 24 
The Scarecrow 
Bike

No comments:

Post a Comment